Batik Cirebon – Batik bermotif pesut akan diperkenalkan di Hari Koperasi

Batik Cirebon - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Samarinda, Kalimantan Timur, akan memperkenalkan batik bermotif ikan pesut pada ajang Hari Koperasi ke-68 tingkat Provinsi Kalimantan Timur, yang rencananya dihadiri langsung Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

"Kebetulan, baju batik dengan motif Sarung Samarinda saat ini sudah cukup dikenal, sehingga kami akan mencoba mengangkat potensi batik dengan motif ikan pesut dan perahu tambangan pada pameran Hari Koperasi ke-68 se-Kaltim yang akan dipusatkan di Kota Samarinda," ungkap Ketua Harian Dekranasda Kota Samarinda, Joni Bachtiar, Selasa.

Batik Cirebon - Dekranasda kata Joni Bachtiar, akan terus berupaya menonjolkan budaya lokal yang sudah ada seperti baju batik dengan motif Sarung Samarinda.

"Pengembangan potensi batik kali ini memang sesuai harapan dari Ketua Umum Dekranasda Samarinda Puji Setyowati yang sangat berkeinginan mencetak batik yang baik dengan perawatan yang mudah," katanya.

"Kebetulan, kami sudah memiliki motif dasarnya, dimana ada perahu tambangan disertai ikan pesut dan arus sungainya. Karya inilah yang akan kami promosikan pada pameran Hari Koperasi ke-68 nanti," ungkap Joni Bachtiar.

Batik Cirebon - Sementara, Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang meminta seluruh panitia yang terlibat dalam kegiatan Hari Koperasi Nasional ke-68 Tingkat Provinsi Kaltim yang berlangsung di Kota Samarinda mulai 2 Agustus 2015, agar memantapkan koordinasi sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar.

Bahkan, Syaharie Jaang juga meminta seluruh organisasi koperasi yang ada di Samarinda untuk bisa terlibat secara langsung dalam kegiatan tersebut.

Juragan Batik - "Jika tidak ada halangan, peringatan Hari Koperasi ke-68 itu akan dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Gubernur Kaltim, serta seluruh bupati dan wali kota yang ada di Kaltim sehingga kita harus mengusung sukses pelaksanaannya," ujar Syaharie Jaang.

Pada peringatan hari Koperasi itu lanjut Syaharie Jaang, sedikitnya 50 stand pameran dan juga bazar yang disiapkan panitia di gedung GOR Segiri Samarinda untuk memeriahkan rangkaian kegiatan hari Koperasi, sebelum puncak peringatan yang jatuh pada tanggal 4 Agustus 2015.

"Melalui kegiatan tersebut, kami berharap setiap organisasi koperasi dapat menampilkan keunggulan masing-masing, terutama pada sektor UMKM," ungkap Syaharie Jaang. ( Batik Cirebon )

Tags: #batik cirebon

Leave a reply "Batik Cirebon – Batik bermotif pesut akan diperkenalkan di Hari Koperasi"