Batik Cirebon – Batik Motif Khas Gorga Batak Berkembang di Medan

Batik Cirebon - Batik sebagai khas punya Indonesia saat ini sudah berkembang dengan bermacam motif. Seperti pengrajin kain batik yang beroperasi di Jalan Letda Sujono Gang Alhalim Kiri No. 1 Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Jenis yang didapatkan yaitu motif yang khas asal Sumatera Utara yaitu ukiran-ukiran dari beragam type dari suku Batak yang memiliki makna semasing.

“Pada awalannya di Th. 2008 lantas, saya mulai ikuti kursus untuk membatik. Lantaran saya telaten dalam pelajari langkah membatik waktu itu, saya bisa mengawali usaha batik ini mulai Th. 2009, ” tutur Nur juga sebagai yang memiliki usaha batik motif Batak ini.

Batik Cirebon - Yang membedakan type batik motif khas Sumatera Utara ini yaitu bentuk goresan dari canting yg tidak berupa bintik. canting yang mengukir kain berbentuk garis yang selalu tersambung diatas media kain. “Dalam menggerakkan serta mengenalkan batik motif Batak ini, saya kerap turut seperti pameran pameran gitu, terkadang juga di kampus-kampus, ” ungkap Nur pada Siaga On-line.

Usaha yang digelutinya sekarang ini juga ditemani oleh anak serta menantunya. Maksud dari pembentukan usahanya ini salah satunya untuk memudahkan dalam melipat-gandakan ukiran yang ada pada bangunan-bangunan kebiasaan yang ada ukiran gorga Batak ke media kain lewat cara membatiknya.

Juragan Batik - Menurut dia usaha ini dapat bakal jadi media untuk menjaga budaya suku Batak, lantaran lihat ukiran-ukiran telah mulai hilang pada bangunan-bangunan kebiasaan ikuti perubahan zaman. Begitupun menolong dalam buka lapangan pekerjaan baru.

Dalam pelaksanaannya, batik ini memakai tehnik catat serta cap. Ibu Nur ini, juga terima kursus untuk siapa saja yang mau belajar membatik.( Batik Cirebon )

Leave a reply "Batik Cirebon – Batik Motif Khas Gorga Batak Berkembang di Medan"