Batik Cirebon – Wayang dan Batik Ramaikan KAA di Jakarta

268 views

Batik Cirebon - Konferensi Asia Afrika (KAA) tidak cuma jadi arena pertemuan negara-negara nonblok. Namun juga jadikan juga sebagai wadah pameran kebudayaan khas Tanah Air.

Salah satu pameran yang di gelar di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, tempat KAA berjalan, yaitu pameran wayang produksi Djawa Arts & Cratfs. Suatu usaha kecil menengah (UKM) yang memanglah diundang Kementerian Perdagangan untuk turut konferensi tingkat tinggi ini.

Benny Adrianto, yang memiliki sekalian pengembang produk‎ Djawa Arts & Crafts menyampaikan, wayang yang dipertunjukkan kesempatan ini wayang golek. Tetapi, wayang-wayang ini di buat dengan ciri-ciri beragam daerah. Umpamanya dari Palembang, ‎Lampung, Yogyakarta, serta Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hem Doby Tulis Cerah Batik Trusmi Cirebon - "Ciri-ciri disini tujuannya wayang-wayang ini memakai baju kebiasaan. Jadi wayang-wayang ini mewakili karakter-karakter di Indonesia, " ujar‎ Benny di JCC, Jakarta, Minggu (19/4/2015).

Tidak hanya mewakili ciri-ciri daerah di Tanah Air, Benny juga bikin wayang-wayang dengan ciri-ciri negara-negara Asia-Afrika. Dia berniat bikin wayang berkarater seperti itu juga sebagai lambang KAA.

"Ada pula wayang yang mewakili karakter-karakter Asia Afrika, " ucap Benny.

Menurut Benny, wayang-wayang ini di buat dengan material berkwalitas paling baik. Jadi itu banyak delegasi yang tertarik. Seperti ‎Duta Besar Indonesia untuk Belgia, Mohamad Oemar beli wayang berkarakter Palembang, komplit dengan baju pengantin kebiasaan Sriwijaya. ‎

Batik Cirebon - "‎Dubes Indonesia untuk Belgia tadi beli wayang ciri-ciri pengantin Sriwijaya. Harga nya Rp 15 juta. Dia berniat beli buat dibawa ke Belgia kelak, " ucap Benny.

Wayang-wayang yang telah dibeli ini, pengambilannya sesudah KAA selesai. Transaksinya juga sekian, tak dikerjakan di komunitas internasional ini.

Songket Palembang

Tidak hanya wayang, beberapa barang produksi khas kebudayaan Tanah Air buatan beberapa UKM juga dipamerkan di KAA. Satu diantaranya UKM Zaenal Songket yang menghasilkan kain songket khas Palembang.

Andin, pengrajin kain songket dari UKM Zaenal Songket menyampaikan, kain-kain songket yang dipertunjukkan kesempatan ini di buat dengan tenun. " Di buat dengan tenun, bukanlah mesin, " ucap dia.

Andin mengakui, banyak delegasi yang tertarik dengan produknya. Mereka telah bertanya-tanya tentang detil kain songket ini. Tetapi, hingga sekarang ini belum ada yang beli.

Menurut Andin, sebagian motif kain songket yang dipamerkan salah satunya motif Bunga China, Bintang Berantai, serta Limar. Harga kain songket ini bervariatif. Bergantung type bahan serta tingkat kesusahan bikin motif.

Hem Batik Pria Megamendung Lengkong Batik Trusmi Cirebon - "Yang Bunga China harga nya Rp 7, 5 juta, yang Limar Rp 3, 5 juta.

Selain wayang serta kain songket, ada juga pameran lain dalam KAA yang di gelar di JCC. Seperti pameran kain batik sampai alat-alat kecantikan. Tidak ketinggalan juga alat-alat paling utama system persenjataan atau alutsista produksi dalam negeri.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pada awal mulanya membidik, Konferensi Asia Afrika (KAA) yang berjalan 19-24 April 2015 ini dapat menarik kunjungan 2. 500 wisatawan mancanegara atau wisman ke Indonesia. Kota sebagai tujuan kunjungan wisman yaitu Jakarta serta Bandung.

KAA yang di gelar di Bandung serta Jakarta ini bakal di hadiri 32 kepala negara serta 107 delegasi tinggi dari perwakilan negara. Kepala negara serta kepala pemerintahan yang sudah mengonfirmasi bakal ada diantaranya Brunei Darussalam, Jordania, Swaziland, serta Tiongkok.

Ada pula Korea Utara, Iran, Madagaskar, Malawi, Myanmar, Namibia, Sudan, Timor Leste, Vietnam, Zimbabwe, Bangladesh, Kamboja, Mesir, Gabon, Malaysia, Nepal, Pakistan, Palestina, Singapura, serta Thailand.

Sesaat 6 wakil kepala negara atau wakil kepala pemerintahan yang sudah mengonfirmasi bakal menghadiri Peringatan ke-60 KAA ini, yaitu dari Aljazair, Angola, Liberia, Filipina, Seychelles, serta Zambia. ( Batik Cirebon )

Tags: #batik cirebon

Leave a reply "Batik Cirebon – Wayang dan Batik Ramaikan KAA di Jakarta"