Batik Cirebon – Wow…Batik Pekanbaru Sudah Bisa Bersaing

253 views

Batik Cirebon - Grup Usaha Orang-orang Berbarengan d’Kreasi Batik Pekanbaru berusaha kembangkan produksi batik Pekanbaru. Grup yang beralamat di Jalan Pemuda, Gang Burok, Kelurahan Tampan, Kecamatan Payung Sekaki bakal kembangkan batik seperti batik catat, batik cap serta printing.

Untuk kembangkan batik ini, grup ini menghadirkan pakar batik. Ia yaitu H Darmein, kelahiran Sumatera Barat yang mempunyai usaha batik di Bogor. Lantaran kesuksesannya jadi ditunjuk oleh LPM juga sebagai pembimbing bikin batik untuk golongan ibu-ibu. H Darmein sendiri menceritakan, pada 2008 mulai belajar menelusuri lika-liku bikin batik. Seluruhnya dipelajarinya tepatnya di daerah Cibinong, Bogor, sesudah berhasil belajar, ia juga berhasil meningkatkan usaha Batik yang diberi nama Batik Jaya Tri.

Batik Cirebon - Di Bogor ia mengangkat seluruhnya komponen budaya, permasalahan motif, flora fauna, serta komponen budaya kujang, leuit atau lumbung padi, anggrek Bogor, tereb, teratai, manuk hurang. ”Karena ada basic tersebut mau kami aplikasikan di Batik Pekanbaru Riau, supaya dapat berkompetisi dengan daerah yang lain, ’’ tuturnya.

Lanjutnya, sesungguhnya Riau kaya budaya yang dapat jadikan motif seperti pucuk rebung saja mungkin saja 30-an itu baru pucuk rebung.

“Di sini kami mau meningkatkan berbagai macam Motif Batik Pekanbaru Riau, seperti Motif Pucuk Rebung kami bakal cobalah angkat, untuk floranya kita cobalah blimbing wuluh, atau lebih di kenal asam telunjuk, bunga bulan-bulan, pucuk pakis resam, ” sebutnya.

Sesaat dari faunanya, dikatakannya juga ia mau meningkatkan motif ikan selais, serta semut beriring, lebah begayut. “Makannya saya tertarik meningkatkan batik di Pekanbaru, kami mempunyai latar belakang, kami mempunyai beground, ”tambahnya.

Untuk meningkatkan ia sangatlah mengharapkan ada support dari pemerintah daerah. Lantaran menurut dia di Bogor permasalahan pasarnya telah tampak. Disana banyak pihak yang mensupport untuk pengrajin batik. Potensi di Pekanbaru untuk sekarang ini menurutnyaa memanglah masih tetap belum terbaca.

Batik Cirebon - “Tapi kami meyakini kami dapat lantaran kami didukung dari Dekranasda, Diskop serta UMKM. Diluar itu unsur promosi, unsur market, juga butuh, bila tak ada support dari Pemko Pekanbaru jadi batik kita selama-lamanya bakal jadi ini. Jadi besar kami harap pada Pemko permasalahan pengembangan batik ini. Kami siap bikin ibu-ibu ini jadi mahir kami siap bikin seragam batik siswa, atau organisasi serta bikin program kursus, ” urainya.

Juragan Batik - Disamping itu, Ketua LPM Kelurahan Tampan, Khairul Pulungan menyampaikan d’Kreasi Batik Pekanbaru dididirikan pada 2014 lantas. “Ide kami disini, lantaran saya lihat yang ada sekarang ini batik Riau tak ada Batik Pekanbaru, lalu kami juga mau melestarikan warisan budaya kami ini. Jadi usaha ini saya dirikan serta merekrut warga seputar, ” jelas Pulungan.

Lanjutnya, berbarengan warga tempatan, ia mengakui tengah semangat meningkatkan Batik Pekanbaru ini. Diluar itu juga siap menuntun orang-orang yang mau jadi pembatik, terlebih anak-anak muda. “Karena banyak nilai positif untuk mereka, lantaran pada batik catat itu kami dilatih cermat, sabar, cermat serta untuk orang stres, sulit tidur jadi membatik mungkin saja pemecahannya, ” imbuhnya. ( Batik Cirebon )

Tags: #batik cirebon

Leave a reply "Batik Cirebon – Wow…Batik Pekanbaru Sudah Bisa Bersaing"